Home » » Candi Muara Takus, Bukti Peninggalan Sriwijaya

Candi Muara Takus, Bukti Peninggalan Sriwijaya

Written By Unknown on Tuesday, October 15, 2013 | 8:13 PM

Candi Muara Takus, Bukti Peninggalan Sriwijaya. Dari beberapa bukti peninggalan sejarah kerjaan di Indonesia, Candi Muara Tikus adalah termasuk salah satu diantaranya. Candi ini adalah bukti peninggalan kerajaan Sriwijaya. Sebenarnya banyak peninggalan kerajaan Sriwijaya yang bisa dijadikan bukti kebesaran kerajaan. Dan dibawah ini akan diulas sedikit tentang salah satu peninggalannya, yaitu Candi Muara Tikus.
Candi Muara Tikus, Bukti Peninggalan Sriwijaya

Candi Muara Tikus, Bukti Peninggalan Sriwijaya


Sekilas Tentang Candi Muara Takus
Salah satu peninggalan masa kejayaan Sriwijaya adalah Candi Muara Takus, terletak di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Candi ini dulu dipakai sebagai tempat beribadatan umat Budha pada masa keemasan Sriwijaya. Berbeda dengancandi di Jawa yang terbuat dari batu sungai, material candi ini dibuat dari batu bata dengan ukuran yang besar dan tebal. Tanah liat untuk bahan batu bata diambil dari Desa Pongkai, tak jauh dari kompleks candi.
Gaya bangunan candi ini dipengaruhi oleh unsur budaya India. Candi ini pada bagian bawah berbentuk segiempat. Pada bagian muka terdapat semacam tangga menuju altar. Sementara di atasnya terdapat semacam stupa yang berbentuk silinder, tingginya kira-kira 14 meter. Pada puncaknya terdapat semacam menara. Masih dalam kompleks Candi Muara Takus juga terdapat empat candi lainnya, yakni Candi Mahligai, Candi Tua, Candi Bungsu, dan Candi Pangsa. Pada bagian lain di kompleks candi, terdapat banyak gundukan tanah. Diperkirakan gundukan tanah ini dulu dipakai sebagai tempat pembakaran jenazah.
Sekarang ini, kompleks Candi Muara Takus dipakai sebagai objek wisata sejarah. Selain itu, areal kompleks ini juga difungsikan sebagai tempat penelitian arkeologi. Sebab, di sini masih banyak peninggalan lain yang terpendam di bawah tanah dan belum digali.
Itulah sekilas ulasan tentang keberadaan Candi Muara Tikus, yang merupakan bukti dari peninggalan kerajaan Sriwijaya.
Share this article :

3 comments:

  1. Thanks ya gan blog ini membantu saya sekali .................



    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete
  2. Ramuan tradisional mengobati mata rabun dan mata minus https://www.youtube.com/watch?v=n4-SxauBA_Q

    ReplyDelete

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Sejarah Kerajaan Singosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger