Home » » Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

Written By Unknown on Friday, October 4, 2013 | 8:20 AM

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit. Bagian ini akan menceritakan bagaimana kerjaan majapahit berdiri. Dalam sebuah catatan disebutkan bahwa:
Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350 hingga 1389.
Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

Inilah awal beridiringa Kerajaan Majapahit:
Ketika Singasari jatuh ke tangan Jayakatwang, Raden Wijaya (menantu Kertanegara) lari ke Madura. Atas bantuan Arya Wiraraja, ia diterima kembali dengan baik oleh Jayakatwang dan diberi sebidang tanah di Tarik (Mojokerto). Ketika tentara Kublai Khan menyerbu Singasari, Raden Wijaya berpura-pura membantu menyerang Jayakatwang.
Namun, setelah Jayakatwang dibunuh, Raden Wijaya berbalik menyerang tentara Mongol dan berhasil mengusirnya. Setelah itu, Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit (1293) dan menobatkan dirinya dengan gelar Sri Kertarajasa Jayawardhana.
Share this article :

6 comments:

  1. Kerajaan Majapahit berasal dari KERAJAAN JAWAKA, keturunan Indocina, Kambodia, Laos dan Selatan Thai. Menganut dan mengamalkan agama hindu dan buddha seperti dalam Tarian Jawa, Manahora, Wayang Kulit dan Kuda Lumping...begitu jelas tanpa keperibadiannya...amat nyata hindu buddhanya.

    ReplyDelete
  2. MAKASI GAN, SANGAT MEMBANTU HEHE:)

    ReplyDelete
  3. Saya salah satu keturunan majapahit di pulau timor , khususnya di NTT mohon berbagi cerita atau bukti apa yang kita bisa jadikan bukti untk menguatkan fakta yang ada di Nusantara ini.

    ReplyDelete

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Sejarah Kerajaan Singosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger