Home » » Sejarah Berdirinya Kerajaan Mataram

Sejarah Berdirinya Kerajaan Mataram

Written By Unknown on Wednesday, October 23, 2013 | 4:28 AM

Sejarah Berdirinya Kerajaan Mataram. Didalam sejarah disebutkan bahwa kerajaan Mataram adalah kerajaan Islam di Pulau Jawa yang berdiri pada abad ke 17. Kerajaan Mataram ini dipimpin oleh suatu dinasti keturunan Ki Ageng Sela dan Ki Ageng Pemanahan, yang mengklaim sebagai cabang ningrat yaitu keturunan penguasa Majapahit. Asal-usulnya adalah suatu Kadipaten di bawah Kesultanan Pajang, yang berpusat di Bumi Mentaok dan diberikan kepada Ki Ageng Pemanahan sebagai hadiah atas jasanya. Raja berdaulat pertama adalah Sutawijaya (Panembahan Senapati), putra dari Ki Ageng Pemanahan.

Sejarah Berdirinya Kerajaan Mataram

Sejarah Berdirinya Kerajaan Mataram


Pada abad ke 8 di pedalaman Jawa Tengah disebutkan berdiri sebuah Kerajaan Mataram Hindu. Pendirinya adalah Raja Sanjaya. Munculnya Kerajaan Mataram ini diterangkan didalam Carita Parahyangan.

Kisahnya adalah dahulu ada sebuah kerajaan di Jawa Barat bernama Galuh. Rajanya bernama Sanna (Sena). Pada Suatu ketika, ia diserang oleh saudaranya yang menghendaki takhta. Raja Sanna meninggal dalam peristiwa tersebut, sementara saudara perempuannya, Sannaha, bersama keluarga raja yang lainnya berhasil melarikan diri ke lereng Gunung Merapi.

Anak Sannaha, yang bernama Sanjaya, di kemudian hari mendirikan Kerajaan Mataram dengan ibu kota Medang ri Poh Pitu, yaitu tepatnya pada tahun 717 M.
Share this article :

1 comments:

  1. Cari uang online bersama Penivagi uangkan link anda bersama situs blog penivagi gratis.

    ReplyDelete

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Sejarah Kerajaan Singosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger