Home » » Runtuhnya Kerajaan Mataram Kuno Menurut Bemmelen

Runtuhnya Kerajaan Mataram Kuno Menurut Bemmelen

Written By Unknown on Wednesday, October 23, 2013 | 4:53 AM

Runtuhnya Kerajaan Mataram Kuno Menurut Bemmelen.. Mengenai sejarah runtuhnya kerajaan Mataram (kuno) ini, banyak sekali dikemukakan oleh para ahli sejarah. Dan pada artikel ini akan dikemukakan menurut Bemmelen.
Runtuhnya Kerajaan Mataram Kuno Menurut Bemmelen

Runtuhnya Kerajaan Mataram Kuno Menurut Bemmelen


R. W. van Bemmelen adalah seorang ahli geologi dan vulkanologi, berpendapat perpindahan pusat Kerajaan Mataram Kuna dari Jawa Tengah ke Jawa Timur adalah karena bencana alam meletusnya Gunung Merapi pada tahun 1006 M. Letusan di tahun 1006 merupakan salah satu letusan paling besar Gunung Merapi,  selain letusan di tahun 2010. Hampir sama seperti letusan di tahun 2010, Gunung Merapi  di tahun 1006 mengeluarkan berjuta-juta kubik material lahar, dan mungkin volumenya lebih banyak dari letusan tahun 2010. Daerah yang masuk dalam aliran lahar tersapu dan tertimbun oleh material lahar dingin.

Beberapa candi tertimbun cukup dalam oleh material Merapi. Candi-candi tersebut antara lain Candi Morangan (Klaten, Jawa Tengah), Candi Kedulan (Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta), dan Candi Sambisari (Sleman, Daerah Istimew Yogyakarta). Setelah tahun 1006, Gunung Merapi masih terus meletus, namun intensitas dan tidak sebesar letusan tahun 1006.

Candi-candi yang tertimbun tersebut masuk dalam kategori ukuran sedang, mungkin sekali candi untuk level desa. Maka bisa diperkirakan bahwa ada desa yang ikut tersapu material lahar dingin.Karena daerah pusat kerajaan merupakan daerah rawan bencana, makan raja-raja Mataram selanjutnya, dan kebetulan adalah Pu Sindok, memindahkan pusat kerajaan ke daerah Jawa Timur yang lebih aman dari bencana gunung berapi.

Masih ada seorang ahli sejarah yaitu Antoinette M. B. Jones yang berpendapat bahwa alasan pemindahan pusat Kerajaan Mataram Kuna ke Jawa Timur adalah karena alasan ekonomi. Daerah Jawa Timur dianggap lebih kaya sumber daya alam dan lebih strategis daripada pusat kerajaan yang lama. Aksesbilitas pusat kerajaan yang baru terhadap pelayaran nusantara lebih terbuka dibanding dengan daerah Jawa Tengah yang berada di pedalaman. Hanya saja pendapat Jones kurang disertai dengan fakta sejarah dan teori yang mendukungnya, jadi hanya sekedar pendapat saja.


Itulah kupasan tentang sejarah runtuhnya kerajaan Mataram (kuno) menuurut salah satu ahli sejarah.
Share this article :

4 comments:

  1. saya sangat bersyukur dan bertrima kasih bynk
    kepada.MBAH RIJI atas bantuan no.ghoib/ritualnya“4D( 5020)`
    alhamdulillah benar-benar tembus~~~
    berkat bantuan MBAH saya bisa melunasi utang2 keluarga saya
    dan hanya rasa trimakasih yg tak terhingga yg bisa saya ucapkan kpd MBAH RIJI
    Inza allah KI tuhan akan membalas atas semua kebaikan MBAH
    Ini info buat sahabat yg lagi kesulitan masalah ekonomi
    terlilit utang atau mau cari modal dengan singkat melalui jalan togel
    HUB; NO DIMBAH RIJI;_082 388 362 128_jgn di sms hub. lansung.
    saya sebagai saksi hidup beliau dan bukti nyata MBAH RIJI
    yg punya room terima kasih assalamu alaikum

    ReplyDelete
  2. Kenapa kita berpatokan pada sejarah yang ditulis bangsa asing? Sedang kita tau ada pertikaian antara rakai pikatan dan balaputradewa yang kemudian menjadi raja sriwijaya. Orang bodoh saja pasti mudah menyimpulkan bahwa kepindahan keruntuhan itu adalah buntut pertikaian itu berlanjut hingga anak cucu. Salam sejarah

    ReplyDelete
  3. Kenapa kita berpatokan pada sejarah yang ditulis bangsa asing? Sedang kita tau ada pertikaian antara rakai pikatan dan balaputradewa yang kemudian menjadi raja sriwijaya. Orang bodoh saja pasti mudah menyimpulkan bahwa kepindahan keruntuhan itu adalah buntut pertikaian itu berlanjut hingga anak cucu. Salam sejarah

    ReplyDelete

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Sejarah Kerajaan Singosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger