Home » » Awal Berdirinya Kerajaan Singosari (Bagian 2)

Awal Berdirinya Kerajaan Singosari (Bagian 2)

Written By Unknown on Wednesday, May 29, 2013 | 2:53 AM

Awal Berdirinya Kerajaan Singosari.Berkat bimbingan Lohgawe, akhirnya ken Arok bisa masuk ke dalam lingkungan kerajaan Kediri. Ia mulai berkarir di kerajaan. Sampai pada akhirnya Ken Arok mendapat bisa memangku jabatan Akuwu (semacam bupati) Tumapel.

kerajaan singasari

Awal Berdirinya Kerajaan Singosari

Kedudukan itu diperoleh setelah ia menyingkirkan Tunggul Ametung, sang akuwu. Semula Ken Arok merupakan hamba setia Tunggul Ametung. Kecerdasan, Kepatuhan, dan Kerajinan dalam bekerja telah mengantarkannya menjadi tangan kanan Akuwu. Akan tetapi, sikap Ken Arok berubah manakala timbul keinginan dalam dirinya untuk memperistri Ken Dedes, istri Tunggul Ametung. Ken Dedes adalah seorang permaisuri yang cantik jelita. Karena kecantikannya, ken Arok sangat berhasrat untuk memperistrinya. Namun untuk mewujudkan keinginannya ia harus menyingkirkan Tunggul Ametung, suami dari ken Dedes. Ken Arok akhirnya dapat mewujudkan keinginannya setelah menghabisi Tunggul Ametung dengan perantaraan "tangan" Kebo Ijo. Ken Arok berhasil menduduki jabatan Akuwu Tumapel dan memperistri Ken Dedes.
Rupanya, Ken Arok juga tidak puas dengan hanya menjadi Akuwu Tumapel. Ia berambisi untuk menjadi seorang raja. Kesempatan itu muncul tatkala para brahmana Kediri meminta perlindungan dari kesewenang-wenangan Raja Kertajaya. Pada tahun 1222 M, terjadilah bentrokan antara keduanya yang dimenangkan oleh kubu Ken Arok sehingga Kediri dapat dikuasainya. Dan akhirnya ke Arok mendirikan kerajaan sendiri yang diberi nama Kerajaan Singosari. Bersambung……….
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Sejarah Kerajaan Singosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger